Pengertian Teknologi Pangan


PENGERTIAN TEKNOLOGI PANGAN


This is why I love technology: If you used it right,
it could give up you power and privacy.
Cory Doctorow (Little Brother, 2008)


Bidang keahlian Teknologi Pangan erat hubungannya dengan teknik (engineering) dan teknologi (technology), sehingga uraian teknik dan teknologi sangat dibutuhkan terutama kaitannya dengan teknologi pangan. Istilah teknik dan teknologi seringkali digunakan dalam kehidupan sehari hari dan sering kali memiliki pemahaman yang berbeda pada setiap bidangnya. Jika kita membuka berbagai ensiklopedia akan muncul berbagai definisi tentang teknik diantaranya :
  • Teknik atau rekayasa adalah penerapan ilmu dan teknologi untuk menyelsaikan permasalahan manusia. Hal ini dapat diselesaikan melalui pengetahuan, matematika, dan pengalaman praktis yang diterapkan untuk mendesain objek atau proses yang berguna. Para praktisi teknik profesional disebut insinyur atau sarjana teknik (Wikipedia Indonesia).
  • Engineering is the applied science of acquiring and applying knowledge to design, analysis, and/or construction of works for practical purposes (Wikipedia Inggris).
  • The creative application of scientific principles to design or develop structures, machines, apparatus, or manufacturing processes, or works utilizing them singly or in combination; or to construct or operate the same with full cognizance of their design; or to forecast their behavior under specific operating conditions and safety to life and prosperity (ABET = American Board for Engineering and Technology).
  • The application of science to the optimum conversion of the resources of nature to the uses of humankind (Encyclopedia Britannica).
Dari pengertian tentang teknik diatas terdapat point penting yaitu: aplikasi ilmu pengetahuan (science), untuk mencapai efisiensi dalam penggunaan atau pendayagunaan suatu sumber daya, dan demi kesejahteraan umat manusia.  Sama halnya dengan teknik teknologi juga memiliki berbagai definisi, diantaranya adalah :
  • Teknologi adalah pengembangan dan aplikasi dari alat, mesin, material dan proses yang menolong manusia menyelsaikan masalahnya. Sebagai aktivitas manusia teknologi mulai sebelum teknik dan sains. Kata teknologi sering menggambarkan penemuan dan alat yang prinsip dan proses penemuan scientific  yang baru ditemukan, penemuan yang sudah lama seperti roda dapat disebut teknologi (Wikipedia Indonesia).
  • Technology is a broad concept that deals with a species' usage and knowledge of tools and crafts, and how it affects a species' ability to control and adapt to its environment (Wikipedia).
  • Technology, the general term for the processes by which human beings fashion tools and machines to increase their control and understanding of the material environment. The term is derived from the Greek words tekhne, which refers to an art or craft, and logia, meaning an area of study; thus, technology means, literally, the study, or science, of crafting (MSN Encarta).
  • The application of scientific knowledge to the practical aims of human life or, as it is sometimes phrased, to the change and manipulation of the human environment (Encyclopedia Britannica).
Point penting dalam pengertian teknologi adalah barang buatan, kegiatan manusia dan kumpulan pengetahuan. Turunan dari pengertian teknologi terdapat definisi dari IFT (Institute of Food Technologist) yang menerangkan bahwa Teknologi Pangan adalah aplikasi ilmu pangan ke dalam sistem seleksi, pengawetan, pengolahan, pengemasan, distribusi dan pemanfaatan bahan pangan yang baik, aman dan bergizi. 

picture : http://e-wiki.org/tr/images/HACCP_certification_course

Teknologi pangan merupakan bidang keahlian  dan bidang profesi yang mencakup aplikasi ilmu dasar antara lain kimia, fisika, mikrobiologi dan prinsip prinsip keteknikan, ekonomi dan menejemen pada seluruh mata rantai penggarapan bahan pangan sejak dipanen dampai menjadi hidangan, yang meliputi aspek-aspek pengembangan pangan baru, penanganan bahan mentah, pengolahan, pengawetan, pengamanan (penyimpanan dan pengemasan), pemasaran (distribusi dan penilaian mutu), pemanfaatan (aseptabilitas dan nilai gizi), dan kesehatan masyarakat agar bahan pangan dapat digunakan seefesien mungkin untuk kesejahteraan umat manusia.  

Ilmu pangan meliputi peningkatan kuantitas dan kualitas bahan pangan secara optimum dengan memperhatikan nilai gizi dan keamanan pangan dan juga hal - hal praktis dari produksi, pengolahan, pengawetan, distribusi dan penggunaan bahan pangan. Studi ini membutuhkan suatu pendekatan interdisiplin dan terpadu yang menyatukan beberapa ilmu pengetahuan kedalam satu tujuan.  Dasar dari ilmu pangan berada pada bidang kimia, biokimia dan mikrobiologi yang berhubungan erat dengan ilmu - ilmu pertanian, teknik, gizi dan ekonomi. Ilmu pangan berhubungan dengan bahan baku hasil pertanian, hortikultura, peternakan dan perikanan, serta seleksi dan pengembangannya menjadi makanan yang dapat diterima melalui pengolahan dan penggunaan peralatan yang optimum. Ilmu pangan menggabungkan prinsip prinsip ilmu biologi, kimia, fisika dan teknik yang digunakan mempelajari karakteristik bahan pangan, mekanisme kerusakan dan pencegahannya, seta dasar dasar pengolahan pangan. Ilmu pangan didukung oleh kimia dan biokimia pangan, rekayasa proses pangan, dan mikrobiologi pangan. 

Syah Dahrul. 2012. Pengantar Teknologi Pangan. IPB Press. Bogor.


Share:

No comments:

Post a Comment